oleh

Ini 3 Persoalan Besar dalam Pandemi COVID-19

SLEMAN – Pandemi COVID-19 memunculkan tiga persoalan besar dalam kesehatan mental.  Pertama, pembatasan sosial membuat kondisi kesehatan mental menjadi rentan. Dampaknya  rentan terjadi kekerasan dalam keluarga.

Jika sebelum pandemi terbiasa berinteraksi langsung dengan orang lain. Sekarang, harus membatasi melakukan interaksi.

“Suasana yang penuh dengan ketidakpastian memunculkan rasa cemas, khawatir, ketakutan, stres, hingga depresi,” kata Pakar Kesehatan Jiwa UGM, Dr dr Ronny Tri Wirasto SpKj seperti diansir ugm.ac.id.

Kedua, wabah COVID-19 meningkatkan pengguna internet.  Bahkan cenderung jadi pecandu.  Ronny mengatakan perilaku adiksi internet  akibat seseorang mencari informasi tentang COVID-19.

BACA JUGA: Sepatu Bisa Tularkan COVID-19? Ini Penjelasannya?

Ketiga, pandemi  COVID-19  juga membuat masyarakat kecanduan  game online.  Bila kondisi ini berlangsung terus-menerus bisa mengakibatkan kelelahan, over atensi, dan menurunnya kesadaran terhadap stimulasi sekitar.

Ronny juga mengamati kerentanan mental  pasien COVID-19 yang telah sembuh. Mengapa? Karena masih ada stigma  terhadap pasien. Stigma  ini menjadikan pasien yang sembuh dari COVID-19 menanggung  khawatir yang lebih tinggi daripada  sebelum terkena COVID-19.

Ronny mengimbau masyarakat menciptakan suasana  ramah dan penuh kasih bagi sekitar. Hingga sekarang perilaku berlebih-lebihan menjadi persoalan mental yang menonjol meski tidak disadari masyarakat. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA