oleh

Hindari Penyebaran COVID-19, Pengungsi dan Relawan Harus Swab

BERITA649.COM – Pengungsi yang menjadi prioritas atensi adalah kelompok rentan. Yakni,  orang tua, anak-anak, ibu hamil, orang sakit dan disabilitas.

Para pengungsi dan relawan harus swab untuk menghindari penyebaran virus COVID-19 di lingkungan pengungsian.

“Protokol kesehatan harus tetap dijalankan selama masa pengungsian. Mulai memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, serta rajin cuci tangan,” pinta Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Letjen Doni Mordano saat mengunjungi Barak Pengungsian di Glagaharjo, Cangkringan, Sleman (19/11/2020).

Sebelumnya, Doni Monardo melakukan kunjungan kerja ke Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan dan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

BACA JUGA: 6 ASN di DPKP DIY Positif COVID-19

Doni ingin mendapatkan informasi terkait peningkatan status Gunung Merapi menjadi Level III atau Siaga sejak 5 November lalu.

Doni menyimak penjelasan Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono. Eko mengatakan aktivitas Gunung Merapi memiliki kesamaan dengan erupsi 2006.

Gunung Merapi berpotensi memicu terjadinya guguran lahar panas, tetapi diperkirakan tidak sedasyat erupsi 2010.

Gunung Merapi saat ini memiliki potensi erupsi dengan jenis letusan efusif.  Yakni lava dari letusannya mengalir terus dari gunung ke tanah.

BACA JUGA: Belum Semua Mengetahui Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi

Juga berpotensi meletus secara eksplosif. Magma terfragmentasi dengan keras, kemudian dikeluarkan dengan cepat dari kawah gunung.

Doni mengapresiasi kinerja, peran dan fungsi BPPTKG sebagai bagian tim intelijen BNPB.

Doni berharap  dengan pengolahan data dan informasi yang akurat, pemerintah dapat segera mengambil langkah cepat untuk upaya mitigasi maupun penanganan darurat bencana.

Usai dari kantor BPPTKG Yogyakarta, Doni Monardo mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Merapi di Balerante, Klaten, Jawa Tengah, dilanjutkan meninjau lokasi pengungsian di Desa Glagaharjo, Sleman. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA