oleh

Hindari Penumpukan, Penumpang Keluar dari Bus pun Diatur

YOGYAKARTA – Wisatawan mulai berdatangan ke Yogyakarta. Tren pengunjung setiap akhir pekan diperkirakan terus bertambah.

Salah satu lokasi favorit yang dikunjung wisatawan adalah kawasan Malioboro.

Pengunjung di Tugu Pal Putih, Malioboro hingga kawasan Titik Nol akan mengalami lonjakan mulai 20 Agustus hingga 23 Agustus mendatang.  

Pemerintah Kota Yogyakarta langsung pasang kuda agar wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebanyak 350 personel diturunkan selama empat hari.

BACA JUGA : Peringati Kemerdekaan RI, PKK Kota Yogyakarta Bagikan 20 Ribu Masker

Mereka berasal dari  Satpol PP Kota, Dinas Perhubungan, Linmas, PamBudaya, Jogoboro PamPasar dan Satgas Seloso Wage. Juga ada bantuan dari BKO Satpol PP DIY

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta, Agus Winarto menyatakan, seluruh personil mengawal protokol kesehatan dapat dilaksanakan para pengunjung.

“Kami akan melakukan edukasi dan memberi panduan kepada para pengunjung agar bisa mematuhi protokol kesehatan,” kata Agus di Balaikota Timoho, hari ini (19/8/2020).

Radio Widoro milik UPT Malioboro juga dioptimalkan untuk menyampaikan informasi dan edukasi. Pemkot Yogyakarta membagi kawasan Malioboro menjadi lima zona.

BACA JUGA : Beredar Uang Kertas Pecahan Rp 75 Ribu, Ini Cara Menukar

Setiap zona maksimal hanya terdapat 500 orang. Ini untuk mencegah terjadinya kerumunan. Setiap pengunjung akan diperiksa petugas yang berada di pintu masuk di depan Hotel Garuda.

Mulai suhu tubuh, memindai QR Code dan tetap menjaga jarak. Nah, wisawatan yang datang berombongan menggunakan bus juga harus melapor.

Koordinator rombongan wajib menyerahkan data seluruh penumpang kepada petugas. Selanjutnya, petugas juga akan mengatur waktu keluar penumpang supaya tidak terjadi penumpukan di tempat parkir. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA