oleh

Hadapi COVID-19, UGM Tak Mati Gaya

BERITA649.COM – Peringatan Nitilaku  Perguruan Kebangsaan UGM tahun 2020 tak seramai tahun-tahun sebelumnya. Dulu meriah, sekarang digelar secara virtual.

Namun, berlangsung dengan suasana kegembiraan. Pawai jalan kaki dari Kraton Yogyakarta menuju Bulaksumur diganti dengan ucapan dari Pengda Kagama daerah di Indonesia dan luar negeri,  fakultas maupun unit-unit di UGM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan makna peringatan Nitilaku adalah  mengingat kembali lahirnya UGM yang tidak lepas dari peran penting Kraton Yogyakarta dan para pendiri bangsa.

“Atas kemurahan Sri Sultan Hamengku Buwono IX, perkuliahan dilakukan di Pagelaran Kraton Yogyakarta. Juga dihibahkan 183 hektare tanah di Bulaksumur yang kemudian dibangun gedung perkuliahan UGM hingga saat ini,” kata Erlangga Hartarto.

BACA JUGA: Pasien Sembuh Kumulatif 496.886 Orang

Sri Sultan Hamengkubuwono X saat membuka Nitilaku mengatakan yang terpenting adalah noto laku untuk nanting laku agar menjadi pandom pandoming laku kehidupan.

Berdirinya UGM untuk membuktikan jati diri sebagai universitas perjuangan, universitas kebangsaan, universitas kerakyatan, universitas Pancasila dan universitas pusat kebudayaan.

Semua predikat tersebut tidak lain adalah harapan agar UGM menjadi actor of change menuju peradaban baru yang maju dan berakar pada tradisi.

Sultan berharap UGM siap di era digitalisasi dan revolusi industri 4.0. Mampu melewati pandemi COVID-19.

Rektor UGM, Prof Ir Panut Mulyono MEng DEng IPU ASEAN Eng mengungkapkan Nitilaku untuk  mengenang kembali dukungan Kraton Yogyakarta kepada UGM.

“Karena itu hingga saat ini masih terjalin baik hubungan kraton, kampus, kampung, dan komunitas,” katanya.

Ketua Umum Kagama, Ganjar Pranowo mengapresiasi penyelenggaraan Nitilaku Kebangsaan secara virtual. UGM tidak mati gaya pada masa pandemi COVID-19.

Dibuktikan dengan tetap melakukan tradisi Nitilaku dengan inovasi agar terus berkontribusi untuk bangsa. (mkb/asa) 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA