oleh

Hadang Virus Corona, Pemkot Yogyakarta Susun Ulang APBD

Pemerintah Kota Yogyakarta terus intensif melakukan upaya menekan penyebaran virus Corona. Mulai intens melakukan sosialisasi dan edukasi hingga melakukan tindakan kongkret di masyarakat. Bagaimana progresnya? Apa langkah strategis yang akan dilakukan? Berikut penjelasan Wakil Walikota yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

————-

KITA merasakan semuanya, akibat Covid-19, sendi-sendi kehidupan mengalami penurunan. Tidak hanya kesehatan, tetapi permasalahan ekonomi dan sosial mengalami stagnasi dan penurunan produktivitas. Otomatis, keuangan pemerintah juga mengalami penurunan drastis.

Pendapatan Pemkot Yogyakarta yang digunakan untuk membiayai program-program mengalami penurunan. Artinya, APBD 2020 mengalami pengurangan anggaran. Akibatnya sejumlah program dan kegiatan harus dipangkas dan diefisienkan. Diarahkan untuk penanganan Covid-19.

PARTISIPASI: Sinergi dengan Pertamina untuk penanganan Covid-19. (istimewa)

Pemkot Yogyakarta saat ini sedang menyusun ulang APBD untuk penanganan Covid-19. Sebagaimana sudah disampaikan dalam Musrenbang Minggu lalu, refokusing dan realokasi APBD Kota Yogyakarta diarahkan pada lima kebijakan prinsip.

Yakni, penanganan masalah Covid-19,  pemulihan sosial ekonomi, bantuan dan afirmasi bagi warga  terdampak, proses kebangkitan sosial ekonomi Kota Yogyakarta, dan selektifitas kebijakan strategis RPJMD.

Pemkot Yogyakarta bersama pemerintah Pusat dan DIY telah menyiapkan skema bantuan dan rencana pemulihan kesehatan, sosial dan ekonomi bagi penduduk terdampak. Kelurahan akan dijadikan Lumbung Pangan Kampung.

Fungsinya akan menjadi pusat distribusi bantuan, termasuk bantuan dari masyarakat luas dan korporasi. Bantuan akan dikirimkan ke rumah penduduk yang berhak. Sehingga tidak ada antrian dan kerumunan.

Semoga pertengahan April ini, semua perubahan APBD segera bisa dijalankan. Sehingga tercukupi anggaran untuk program dan kegiatan lima kebijakan prinsip. Kita semua harus secepatnya menyelesaikan persoalan dihadapan kita semua. (bersambung)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA