oleh

Gunung Merapi Berpotensi Meletus Eksplosif

BERITA649.COM – Krisis Gunung Merapi saat ini berpotensi  terjadi letusan eksplosif.  Namun, daya eksplosifnya tidak seperti erupsi tahun 2010.

Eksplosif atau letusan  merupakan erupsi yang terjadi jika letak dapur magma yang dalam, dan terdapat volume gas yang besar.

Sementara  bukaan kawah saat ini berada di arah tenggara (Kali Gendol, red).  BPPTKG menyatakan ancaman  sampai sekarang  pada bukaan kawah tersebut.

“Deformasi dan pembukaan magma ada di sisi barat laut. Jadi juga ada kemungkinan magma akan mengarah ke sana,” kata Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida kepada Gubernur Sultan HB X di Barak Glagahharjo, Cangkringan, Sleman, hari ini (10/11/2020).

BACA JUGA: Orang Tua Ingin Siswa Belajar di Sekolah

Hanik belum bisa memprediksi arah luncuran material dan awan panas. Jawaban tersebut  menunggu setelah terbentuk kubah lava.

Itulah sebabnya, BPPTKG akan membuat assesment penilaian bahaya. Menanggapi penjelasan tersebut,  Sultan berharap semua kemungkinan dapat diantisipasi dengan baik.

Misalnya, bisa tidak melakukan pengukuran di puncak Gunung Merapi.  Sultan menanyakan tentang prediksi penyebaran abu. Termasuk  arah luncuran dan jarak luncuran.

“Jatuhnya akan melewati KRB atau tidak? Masyarakat juga dipersiapkan sewaktu-waktu untuk turun. Itu jadi sesuatu yang penting,” kata Sultan. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA