oleh

Gelar Operasi, Satpol PP Incar Pelanggar Prokes

BERITA649.COM –  Pemerintah Kabupaten Bantul semakin intensif mengendalikan penyebaran COVID-19. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah penegakan protokol kesehatan.

Pagi ini, Tim Gabungan yang terdiri Satpol Pamong Praja, TNI dan Polisi menggelar operasi patuh protokol kesehatan.

Lokasi yang dipilih  Jalan Jendral Sudirman. Persisnya di depan Pasar Bantul. Sasaran operasi adalah siapa saja yang tidak mengenakan masker.

Mulai pengendara sepeda motor, pengguna mobil pribadi, supir angkutan umum hingga masyarakat yang sedang berada di sekitar pasar.

“Kami ingin masyarakat semakin menyadari pentingnya menggunakan masker saat berada di luar rumah,” kata Agung Satpol PP Kabupaten Bantul.

BACA JUGA: Libur Panjang Berdampak Peningkatan Kasus Positif

 

Operasi dengan cara petugas meminta pengguna mobil membuka kaca, terutama kaca gelap. Selanjutnya personil mengecek penumpang dalam mobil.

Pengecakan dilakukan di tengah jalan. Bila penumpang memakai masker, dipersilakan meneruskan perjalanan. Namun, bila  lalai tidak memakai masker, petugas meminta sopir dan penumpang turun.

Selanjutnya  pengendara mobil diproses sesuai ketentuan yang berlaku. Begitu pula terhadap pengendara sepeda motor yang tidak memakai masker.

Pengendara diminta turun. Lalu, diproses oleh petugas. Agung mengatakan, operasi ini bersifat edukasi. Tidak ada tindakan atau denda rupiah.

Bahkan, pengendara yang tidak memakai masker justru diberi masker oleh petugas. Agung mengatakan, dalam rentang operasi selama setengah jam, petugas memproses sekitar 30 orang yang tidak memakai masker. (nik/asa)  

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA