oleh

Ge-Nose Siap Digunakan, Biaya Hanya Rp 25 Ribu

BERITA649.COM –  GeNose, alat pendeteksi COVID-19 karya UGM, akhirnya mengantongi izin edar Kemenkes RI AKD 2040102283. GeNose siap dipasarkan.

Ketua Tim pengembang GeNose, Prof Kuwat Triyana menginformasikan izin edar GeNose dari Kemenkes turun 24 Desember lalu.

“Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan luar biasa dari banyak pihak, GeNose C19 secara  mulai dapat pengakuan Kemenkes untuk membantu penanganan COVID-19 melalui skrining cepat,” terang Kuwat kepada wartawan (26/12/2020).

Setelah mendapatkan izin edar, tim akan melakukan penyerahan GeNose C19 hasil produksi massal batch pertama yang didanai BIN dan Kemenristek untuk didistribusikan. GeNose C19 yang masih terbatas ini dapat memberi dampak maksimal.

BACA JUGA: Hadapi COVID-19, Sistem Kesehatan Nasional Perlu Diperkuat

Sebanyak 100 unit batch pertama akan dilepas. Dapat melakukan 120 tes per alat atau total 12 ribu orang sehari. Setiap tes membutuhkan waktu selama 3 menit, termasuk pengambilan nafas.

Sehingga satu jam dapat tes 20 orang. Distribusi GeNose C19 dilakukan tepat sasaran. Misalnya di bandara, stasiun kereta, dan tempat keramaian lain, termasuk di rumah sakit.

Nantinya, bila ada 1.000 unit, sebanyak bisa tes 120 ribu orang sehari. Bila ada 10 ribu unit, sesuai target pada akhir bulan Februari 2021,  Indonesia akan menunjukkan jumlah tes COVID-19 per hari terbanyak di dunia. Angkanya 1,2 juta orang per hari.

 

“Namun, pada tahap ini tidak memungkinkan pengadaan GeNose C19 untuk keperluan pribadi,” kata Kuwat.

Lima industri konsorsium telah berkomitmen memproduksi Ge-Nose. Yakni, PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri (bagian mekanik), PT Hikari Solusindo Sukses (elektronik dan sensor), PT Stechoq Robotika Indonesia (pneumatic), PT Nanosense Instrument Indonesia (artificial intelligence, elektronik dan after sales), dan PT Swayasa Prakarsa (assembly, perijinan, standar, QC/QA, bisnis).

Biaya tes dengan GeNose C19 cukup murah. Sekitar Rp 25 ribu. Hasil tes hanya membutuhkan 2 menit. Tidak memerlukan reagen atau bahan kimia lain. (mkb/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA