oleh

Gandeng Gendong, Solusi Kebangkitan Ekonomi di Tengah Pandemi

BERITA649.COM – Membangkitkan ekonomi di masa pandemi COVID-19, Pemkot Yogyakarta menguatkan sinergi program Gandeng Gendong. Masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi, berpera aktif dan mendapatkan manfaat.

“Gandeng-Gendong tidak hanya diterjemahkan dalam konteks kuliner,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA), Edi Muhammad di Ruang Bima, Kompleks Balaikota (20/11/2020).

Edi mengatakan, program Gandeng-Gendong bisa diimplementasikan dalam berbagai aksi. Yang penting, implementasinya harus bisa mengefisienkan anggaran, agar temoto, kroso, dan temonjo.

Program Gandeng-Gendong yang sudah berjalan  harus lebih diperkuat lagi. Dodolan Kampung, misalnya. Ini merupakan program  untuk mengenalkan kampung ke publik.

BACA JUGA: Tahap Awal, Distribusi 1 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Sebelumnya, Wakil Walikota Heroe Poerwadi mengatakan Gandeng Gendong merupakan gerakan bersama. Gerakan  yang melibatkan seluruh elemen untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Terutama percepatan penanggulangan kemiskinan yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat. Pemkot Yogyakarta pada tahun 2021 akan membuat masterplan induk yang menjadi acuan masing-masing kelurahan.

Masterplan memuat tiga hal penting.  Pertama, menyelesaikan persoalan fisik, ekonomi maupun sosial di wilayah. Kedua, rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) disesuaikan  program pemerintah daerah. Ketiga, melanjutkan masterplan yang dirancang sebelumnya.

“Masterplan ini mensinergikan perencanaan tunggal. Masing-masing OPD tidak berjalan sendiri. Tetapi saling bersinergi dan saling mengisi, sehingga manfaat pembangunan bisa dirasakan,” kata Wawali. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA