oleh

Dua Variabel ini akan Akhiri Pandemi COVID-19

BERITA649.COM – Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak adalah kata kunci  penting mencegah penularan COVID-19.

“Memakai masker secara benar bisa memutus mata rantai penularan COVID-19 hingga 50 persen,” kata Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Tata Kelola Pemerintahan, dr Daniel Tjen saat berkunjung ke Bali. (27/11/2020).

Daniel mengatakan, ada dua variabel yang mempengaruhi berakhirnya pandemi COVID-19. Pertama adalah variabel terkait langsung dengan bidang kesehatan.

Variabel kedua di luar bidang kesehatan. Itulah sebabnya, COVID-19  tidak hanya dilakukan bidang komunitas kesehatan, melainkan  nerbagai stakeholder.

BACA JUGA: Hati-Hati, Kerumunan Bisa Picu Klaster Baru

“Semakin cepat beradaptasi dengan protokol kesehatan, semakin cepat mengakhiri pandemi,” katanya seperti dilansir Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes.

Penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat akan mempercepat proses pemulihan kondisi kesehatan masyarakat.

Kata Daniel, penerapan protokol kesehatan di Bali bisa menjadi  model bagi provinsi lain keluar dari pandemi COVID-19.  Pasalnya, penanganan penularan COVID-19 di Bali bisa dikendalikan.

Bahkan, penerapan protokol kesehatan di Bali  menjadi kelebihan yang merupakan faktor positif untuk mempercepat keluar dari pandemi COVID-19.

Karena kata kunci pengendalian penyakit menular  adalah melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penularan.

Masyarakat harus melakukan pencegahan dari sumber penularannya. Yakni, mulut, hidung, dan sentuhan tangan. (ad/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA