oleh

DIY Stop Pemudik Asal Zona Merah

YOGYAKARTA – Gubernur Sultan HB X akan menutup akses masuk DIY bagi pemudik dari wilayah zona merah Covid-19 setelah keluar regulasi tertulis.  Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DIY, Drs Tavip Agus Riyanto MSi menyikapi perkembangan terkini pandemi penyebaran virus Corona.

“Kami sedang berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk memastikan regulasi tertulis yang dikeluarkan pemerintah pusat,” kata Tavip seperti dikutip jogjaprov.go.id (22/4/2020).

TAVIP AGUS RIYANTO (istimewa)

Tavip mengatakan jumlah pemudik ke DIY sejak dua minggu  lalu mencapai angka sekitar 81 ribu orang. Mereka datang menggunakan kereta api, pesawat dan bus. Jumlah tersebut baru tujuh persen dari total perantau yang tinggal di Jabodetabek.

Sedangkan hasil survei memaparkan saat ini  36 persen perantau belum mudik. “Tentunya angka ini yang menjadi perhatian besar,” kata Tavip.

Dishub DIY sejak 24 Maret 2020  telah memperketat jalur masuk ke DIY. Akses masuk DIY yang dijaga berada Tempel, Prambanan dan Kulonprogo. Semula pos hanya dijaga selama satu shift per hari. Sekarang dijaga selama 24 jam dengan pembagian tiga shift. Satu shift terdiri 25 personil dari TNI, Polri, Kesehatan, Dishub dan Satpol PP.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA