oleh

Coba Lakukan Cara Ini agar Orang Tua Mudah Asuh Anak

SLEMAN – Sulit melakukan pengasuhan digital terhadap anak karena perbedaan generasi dan adaptasi media digital. Inilah yang sedang dialami sebagian besar orang tua.

Pada kuliah online CPMH Fakultas Psikologi UGM,  26 April lalu, terungkap orang tua termasuk dalam generasi imigran digital.

Yakni, tumbuh sebelum lahirnya media digital. Sedangkan anak  lahir ketika era media digital. Contoh karakteristik generasi digital adalah aktif mengemukakan identitas diri, memiliki wawasan luas.

Lalu, menyukai kebebasan, ingin memiliki kontrol, bergantung terhadap teknologi, menikmati lingkungan online, memiliki kemampuan adaptasi teknologi yang baru, dan mempunyai kemampuan multitasking.

BACA JUGA: Hari Ini, DIY Tambah 259 Pasien COVID-19

“Tenaga pendidik dan orang tua harus memahami karakter ini. Sehingga dapat menentukan cara mengarahkan anak,” kata Psikolog CPMH Fakultas Psikologi, Wirdatul Anisa MPSi seperti dilansir ugm.ac.id.

Sementara Psikolog Nurul Kusuma MPSi mengatakan pengasuhan digital adalah cara orang tua mendampingi anak.

“Sehingga bisa memaksimalkan manfaat dari lingkungan digital dan meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan,” kata Nurul.

Tahapan pengasuhan media digital meliputi media instruktif. Yakni memberi pemahaman kepada anak tentang media digital.

Orang tua harus hadir ketika anak beraktivitas dengan media digital.

BACA JUGA: Bazaar Lelang Emas Murah di Pegadaian Ngupasan

Anisa dan Nurul mengungkapkan praktik pengasuhan digital antara lain  meningkatkan literasi digital, mengenal sisi positif dan negatif era digital, mengajarkan anak  memilih informasi internet dengan benar.

Kemudian evaluasi bersama anak terkait konten, menciptakan lingkungan digital yang sehat, dan mengenalkan etika dalam berinteraksi di dunia maya.

Pola komunikasi yang baik dan sehat memudahkan orang tua melakukan adaptasi terhadap berbagai perilaku anak saat berinteraksi dengan media digital.

“Modal utama dalam pola pengasuhan digital adalah komunikasi orang tua dan anak,” kata Nurul. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA