oleh

Cegah Virus Corona, Mic pun Disemprot

BERITA649.COM – Kepatuhan warga Patehan Tengah, Kecamatan Kraton terhadap protokol kesehatan perlu diacungi jempol.

Pada acara sosialisasi Perda 9 tahun 2017 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Industri Kreatif, Koperasi dan UMKM, seluruh warga yang hadir memakai masker.

Sebelum mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan anggota DPRD DIY, RM Sinarbiyat Nujanat SE, warga  harus cuci tangan di pintu masuk. Lalu, menjalani pengecekan suhu badan.

“Ini kami lakukan karena pandemi COVID-19 belum selesai. Alhamdulillah semua warga bisa mematuhi,” kata Ketua RT 21, Nowo kepada BERITA649.COM (7/11/2020).

BACA JUGA: Testing Massal, Kapasitas Laboratorium Ditingkatkan

Bahkan, saat bergantian menyampaikan pendapat, warga juga menyemprot mic dengan handsanitizer. Ini adalah tindakan preventif agar tidak tertular atau menulari yang lain.

Acara sosialisasi yang berlangsung selama dua jam lebih menjadi ajang curhat warga. Masyarakat berkeluh kesah menjalani hidup sehari-hari di tengah pandemi COVID-19.

“Sejak wabah virus corona, usaha saya macet. Sampai hari ini, saya tidak bisa membayar angsuran kredit usaha rakyat,” kata Didit, pedagang bakmi Jawa.

Didit pun meminta solusi menghadapi persoalan tersebut. Ia kesulitan mendapatkan keuntungan dari usaha yang telah dijalani selama bertahun-tahun.

BACA JUGA: Punokawan Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

Sedihnya lagi, Didit harus tetap membayar gaji pegawai. Uang tersebut diambilkan dari tabungan selama bertahun-tahun.

“Saya tidak tega merumahkan pegawai. Karena mereka juga butuh uang untuk menghidupi keluarga,” sambung Didit.

Begitu pula yang disampaikan Hartini, Yayuk dan Anang. Mereka berharap ada perhatian terhadap masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Sinarbiyat mengatakan berterimakasih kepada masayarakat yang tetap menjalankan protokol kesehatan pada acara pertemuan warga.

BACA JUGA: 95 Persen Dampak Vaksin Bersifat Ringan

“Mari tetap jaga diri, jaga orang lain,” ajak Sinatbiyat.

Menanggapi keluhan tersebut, Sinarbiyat mengatakan akan membantu memberi solusi. Hanya, solusi yang dilakukan tetap sesuai ketugasan sebagai anggota parlemen.

Sinarbiyat mendorong warga terus kreatif untuk menghasilkan produk. Termasuk produk yang mendatangkan pendapatan.

Kata Sinarbiyat, Perda 9 tahun 2017 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Industri Kreatif, Koperasi dan UMKM memiliki peran strategis membangkitan kembali perekonomian di tengah pandemi virus corona.

“Saya akan mengupayakan pendampingan bagi masyarakat yang ingin bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat wabah COVID-19,” katanya. (ad/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA