oleh

Buntut Joki Ugal-Ugalan, Dewan Steward Keluarkan Sanksi

JAKARTA –  Pasca terjadinya tindakan joki ugal-ugalan pada laga balapan kuda Derby 2020 di Pacuan Kuda Tegalwaton, Salatiga, 9 Februari 2020, Dewan Sterward mengeluarkan surat keputusan. Steward PP PORDASI menjatuhkan sanksi sebagai berikut. Pertama, memberi teguran keras, dan menjatuhkan skorsing kepada  H Suoth  tidak bisa mengikuti  dua kali pacuan nasional terhitung sanksi ini dikeluarkan.

Kedua, menugaskan kepada pelatih yang bersangkutan senantiasa membina joki agar dapat mentaati peraturan berpacu yang baik dan benar. Ketiga,  penetapan sanksi  tidak mengubah hasil pertandingan.

“Demikian sanksi ini dikeluarkan untuk dipatuhi dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Ketua Dewan Steward Kejuaraan Pacuan Kuda Jateng Derby 2020, H Katompo dalam surat yang ditandatangani di Jakarta, 12 Februari 2020.

Sanksi tersebut berdasarkan  AD/ART PP PORDASI, evaluasi kegiatan pacuan kuda Jateng Derby 2020 dan kewenangan yang melekat pada Dewan Stewad yang bertugas. Dewan Steward memiliki bukti video pertandingan, khususnya Race ke XIV Kelas 3 Tahun Calon Derby 1.600 M.

Dewan Steward PP PORDASI mengatakan tidak ada joki peserta yang menyampaikan protes atau keberatan pada akhir pertandingan. Namun, bukti video membuktikan adanya tindakan ugal-ugalan joki di awal start yang sangat membahayakan  peserta lain.

“Tindakan yang tidak dapat dibenarkan dalam tertib berpacu yang baik dan benar,” kata Katompo.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA