oleh

Buku tentang Kegelisahan Pelajar Jalani Pandemi COVID-19

BERITA649.COM – Mengungkapkan kegelisahan siswa belajar pada masa pandemi COVID-19, SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta (Muhdasa) melaunching buku bertajuk Sketsa Pandemi: Sekumpulan Kisah dalam Antologi Siswa Muhdasa.

Kepala SMP Muhdasa Yogyakarta, Endra Widyarso memberikan buku tersebut kepada Wakil Walikotam Heroe Poerwadi di ruang kerjanya, pagi tadi (23/12/2020).

Endra mengatakan, sebelum terbit buku ini,   guru dan karyawan juga telah membukukan pengalaman pada masa pandemi virus corona.

Pada buku kali ini, terdapat 100 tulisan. Tapi, dirangkum menjadi 46 tulisan. Isinya sudah mewakili yang dirasakan para siswa belajar pada masa tak mengenakkan.

BACA JUGA: Tekan Penularan COVID-19 pada Nataru, Kemkes Bentuk Tim Monitoring

“Tulisan itu berdasarkan pengalaman siswa kelas 7 sampai kelas 9.  Sekolah mendapatkan kemudahan dan efektifitas dalam pembelajaran dari buku ini,” kata Endra.

Nantinya, buku  akan dibagikan kepada wali murid sebagai pengayaan mendidik anak selama melakukan pembelajaran daring dirumah.

Heroe Poerwadi mengatakan perlunya mewadahi luapan yang dialami siswa pada masa pandemi.

“Buku ini bisa sebagai rekam jejak. Setiap orang mengalami pengalaman berbeda-beda. Semoga apa yang dituliskan siswa mampu menjadikan evaluasi  ke depan,” kata Heroe.

Wawali berharap cara belajar daring pada masa pandemi dapat dipahami semua pihak. Sekolah bisa memberi arahan kepada siswa dan orang tua.

Heroe berharap juga diterbitkan buku berdasarkan pengalaman para wali murid. Bisa  saling evaluasi dan memberi motivasi.

“Momentum masa pandemi harus dituliskan, agar apa yang sudah dialami ini bisa jadi bahan merenung serta menjadi saksi di masa yang akan datang,” ujarnya. (ris/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA