oleh

Buka Peluang Bisnis pada Pandemi

BANTUL– Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta  terus melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

Adalah Dosen Prodi Teknik Kimia UAD Zahrul Mufrodi yang membantu masyarakat Kalurahan Bangunharjo, Sewon, Bantul membuat handsanitizer secara mandiri.

Kegiatan diawali pelatihan secara online dengan menjelaskan tentang bahan-bahan yang diperlukan, sekaligus cara pembuatan. Masyarakat juga diminta  menyaksikan video berjudul  “Demonstrasi Edukasi Hand Sanitizer Di Era New Reality”.

“Khusus untuk mencuci tangan, dikenalkan bagaimana cara membuat handsanitizer yang benar. Bahan-bahan yang diperlukan adalah  ethanol 96 persen, H2O2, gliserin 98 persen dan aquades,” ujar Zahrul.

Setelah dilakukan pelatihan secara online,  mahasiswa melakukan pelatihan pembuatan handsanitizer. Kata Zahrul, pandemi COVID-19 telah memberi dampak negatif dan positif.

Dampak positifnya, pandemi virus corona telah mengajarkan pola hidup yang lebih bersih.   Memastikan kegiatan ini berhasil dengan baik, Zahrul Mufrodi melibatkan beberapa mahasiswa UAD melakukan pendampingan, sekaligus memberi edukasi melindungi diri dari serangan virus corona.

“Saya berharap program ini memberi manfaat bagi masyarakat dalam menyediakan handsanitizer untuk diri sendiri atau bisa dijual sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan,” katanya. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA