oleh

BPBD DIY Buka Kafe Relawan

SLEMAN – Posko SAR Gabungan pencarian siswa SMP 1 Turi di Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman telah ditutup pagi tadi. Ratusan relawan yang sejak tiga hari lalu mengabdi untuk kemanusiaan, telah kembali ke daerah masing-masing. Usai mengemas peralatan masing-masing, mereka saling salaman khas relawan. Lalu satu per satu meninggalkan Lembah Sempor, tempat terjadinya musibah meninggalnya 10 pelajar saat mengikuti kegiatan “susur sungai”.

“Alhamdulillah. Terimakasih untuk para relawan dan seluruh masyarakat yang telah bersama-sama bergabung dalam aksi kemanusiaan,” kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara.

KOORDINATOR LOGISTIK: Cenguk Theot.

Aksi penyelamatan telah selesai. Namun, perjumpaan antar relawan selama tiga hari dua malam meninggalkan kenangan indah bagi para relawan. Salah satunya yang dirasakan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY, Cenguk Theot. Pria berambut ikal ini bertugas membuka “kafe” selama pencarian berlangsung. Ia menjadi koordinator logistik. Kafe menggunakan kendaraan berukuran besar. Kendaraan  berisi lengkap berbagai kebutuhan masak diparkir di salah satu halaman milik penduduk.

Lokasinya berada di dekat SMP 1 Turi , Sleman.  Kendaraan logistik ini disediakan berbagai kebutuhan masak. Mulai kompor gas, penggorengan, memasak air dan menanak nasi. Kendaraan yang “disulap” jadi kafe berjalan ini juga tersedia berbagai minuman. Mulai kopi, teh, susu hingga makanan ringan. Semua disuguhkan untuk para relawan.

“Semua makanan dan minuman di tempat ini gratis. Diambil secara cuma-cuma,” terang Cenguk.

KAFE RELAWAN: Semua gratis.
SANTAI: Setelah aksi kemanusiaan.

Ada dua relawan yang ditugasi sebagai chef. Yakni Arya Dhanika, dan Cenguk. Kedua relawan ini bertugas menyediakan minuman dan makanan. Sedangkan relawan atau siapa saja bisa menikmati hidangan dan  minuman di lokasi. Pasalnya, pihak TRC BPBD DIY menyediakan meja dan kursi. Diset ala kafe. Bahkan, juga disediakan tempat tidur yang diletakan di bawah pohon yang rindang. Namun, kendaraan kafe itu telah tutup sejak siang tadi. Tidak beroperasi bersamaan penutupan Posko SAR Gabungan.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA