oleh

BMT PAS, 15 Tahun Melayani dengan Prinsip Syariah

BANTUL – Lembaga perbankan satu ini bisa menjadi pilihan kebutuhan keuangan. Dikenal dengan nama BMT Projo Artha Sejahtera (PAS).

BMT PAS adalah lembaga keuangan yang menggunakan prinsip-prinsip syariah Islam. Tidak riba dalam pengelolaan pembagian keuntungan.

Pengelolaan menggunakan sistem bagi hasil keuntungan berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kami ingin menjadi koperasi syariah yang bisa melayani masyarakat,” kata Ketua BMT PAS, H Jupriyanto SSi kepada BERITA649.COM, hari ini (8/4/2021).

BMT PAS ingin menciptakan kesejahteraan bagi  anggota. Berdaya guna sebagai mitra strategis dan terpercaya bagi anggota. Berkontribusi dalam perkembangan perkoperasian di Indonesia.

BACA JUGA: Ini yang Terjadi Saat Kuda Kuda Kraton Yogyakarta Dimandikan

Mengelola koperasi dan unit usaha secara profesional dengan menerapkan prinsip good corporate governance.

Berdirinya BMT Projo Artha Sejahtera berangkat dari gagasan  memberikan alternatif lembaga keuangan yang menerapkan prinsip muamalah dalam Islam.

Adalah senator Amir Syarifudin bersama Andi Maryanto dan Slamet Raharjo yang disebut sebagai tim pendiri BMT Projo Artha Sejahtera.

“Nama BMT ini diambil dari bahasa Jawa artinya ”kerajaan uang yang mensejahterakan”,” kata Manajer Andi Maryanto.

BMT PAS diharapkan mampu menjadi tempat berkumpulnya uang. Memiliki fungsi mediasi antara pemilik uang dengan masyarakat yang membutuhkan pembiayaan.

BACA JUGA: Harus Mulai Dilakukan Mitigasi Bencana Angin Kencang

Tanggal 20 Mei 2006 terbentuk pengurus. Formasinya,  Amir Syarifudin (ketua), Slamet Raharjo (sekretaris), Tyas Wening D (bendahara)

Namun, operasional BMT PAS berhenti ketika terjadi gempa bumi tanggal 27 Mei 2006. Dua bulan berikutnya, BMT PAS membuka kantor di Jalan KH Mas Mansyur, Bejen, Bantul, Kecamatan Bantul.

Pada September 2006, pengurus mengajukan badan hukum koperasi ke Dinas Koperasi Bantul. Akhirnya tanggal 20 Oktober 2006 mendapatkan badan hukum bernomor 086/ BH/ X/ 2006 dari Dinas Koperasi Bantul.

Kini, BMT PAS telah berusia hampir 15 tahun. Di usianya yang tak lagi muda juga belum tua, lembaga keuangan ini telah melayani ribuan nasabah dari Kabupaten Bantul dan sekitarnya. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA