oleh

Biaya Pengobatan COVID-19 Rp 184 Juta per Orang

BERITA649.COM – Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof Dr dr Hasbullah Thabrany menyebutkan biaya pengobatan COVID-19 per orang bisa menembus Rp 600 juta.

Survei yang dilakukan di 9 provinsi di Indonesia menemukan biaya tertinggi mencapai Rp 446 juta. Rata-rata anggaran yang dikeluarkan untuk mengobati satu pasien COVID-19 sebesar Rp 184 juta dengan perawatan 16 hari rawat inap.

Hingga kini, perawatan pasien COVID-19 masih menjadi tanggungan negara yang menggunakan dana APBN. Pengeluaran negara dari APBM, APBD dan Dana Desa mencapai Rp 800 triliun untuk pengobatan hingga pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Apabila masyarakat disiplin melakukan gerakan 3M, beban negara bisa ditekan. Dampak lain, kasus COVID-19 pun juga menurun,” kata Hasbullah dalam acara dialog di Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (16/11/2020).

BACA JUGA: Mitos Vaksin Salah, Faktanya Vaksin Aman

Hasbullah lantas mencontohkan pemakaian masker untuk mencegah tertular COVID-19. Menggunakan masker kain yang bisa dicuci, biayanya sangat murah.

Dana yang dikeluarkan satu hari tidak sampai Rp 5.000. Jika tertular COVID-19,  akan kehilangan pendapatan.

Karena harus menjalani isolasi.  Katakan penghasilan 1 hari Rp100 ribu. Bila dirawat 15 hari, akan kehilangan  Rp 1,5 juta.

“Lebih baik mengeluarkan Rp 5.000 sehari dan disiplin 3M daripada kehilangan Rp 1,5 juta satu. Ini yang harus dipikir panjang,” kata Hasbullah.

BACA JUGA: Inilah Sistem Terintegrasi Melawan COVID-19

Soal vaksin COVID-19, Hasbullah menyatakan vaksin  pasti lebih murah dibandingkan merawat atau mengobati.

Vaksinasi menguntungkan semua. Masyarakat menjadi tidak terkena virus. Juga tidak menularkan virus kepada orang lain.

“Ini adalah amal karena mencegah orang lain tidak kena musibah dari virus,” ujarnya. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA