oleh

Berbahaya, Tapi Bisa Mati dengan Sabun

BERITA649.com-  Ketua Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Letjen Doni Monardo berulang kali mengingatkan, manusia memiliki pertahanan tubuh terbatas.

Sehingga membuat manusia rentan terhadap infeksi virus, lalu dapat membuat sakit. Sekarang ini, musuh yang dihadapi bersama adalah COVID-19.

“Virus ini nyata. Bukan rekayasa atau konspirasi. Virus ini menyerang siapa saja, termasuk beberapa pemimpin dunia,” kata Doni Monardo.

BACA JUGA: Menemui Sultan HB X, Mahasiswa Nyatakan Tak Lakukan Anarkisme

Virus tersebut tangguh dan mampu menyebar dengan cepat, sehingga menjadi musuh dunia. Penyakit akibat virus ini dapat membawa akibat buruk, bahkan kematian.

Virus corona menyerang sistem pernapasan manusia dan menimbulkan gangguan ringan sampai berat, bahkan kematian.

Penyakit ini menyerang siapa saja tanpa kecuali. Termasuk anak muda. Kelompok ini memiliki imunitas yang lebih baik sehingga mungkin dapat terpapar tanpa menunjukkan gejala.

BACA JUGA: Temukan “Clickjacking” dan “Bug”, Bocah Ini Terima 2 Penghargaan

Tetapi berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bagi orang-orang sekitar. COVID-19 tidak ditularkan hewan. Menular antarmanusia, terutama orang-orang terdekat.

COVID-19 ditularkan melalui cipratan liur (droplet) dari mulut atau hidung ketika bersin, dan batuk. Bahkan, saat bicara. Droplet dapat jatuh dan menempel pada benda-benda.

Karena itu, ketika memegang benda, tangan berpotensi menjadi jalur transmisi penularan COVID-19 jika menyentuh hidung, mulut, dan mata.

“Tapi, jangan lupa. Virus ini memiliki kelemahan,” kata Doni.

Dapat mati bila tempat hidupnya dibersihkan dengan sabun. Virus ini tahan temperatur tinggi, namun semakin tinggi temperatur, semakin pendek masa bertahan virus. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA