oleh

Berada di Rumah Bikin Hidup Aman dari Virus Corona

YOGYAKARTA – Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY mengeluarkan protap terkait aksi para relawan di  DIY dalam penanganan penyebaran Covid19. Komandan TRC BPBD DIY  Pristiawan Buntoro mengatakan Covid 19 bukan bencana alam biasa.

“Karena itu ada ketentuan ketentuan yang harus ditaati masing masing individu secara bersama,” pinta Pristiawan.

Antara lain meminta keluarga tetap  berada di rumah. Menjaga jarak aman komunikasi hingga satu meter. Kondisi stamina badan dan kesehatan harus selalu diperhatikan. Jangan berpergian bila tidak mendesak. Hindari berada dalam keramaian  orang.

SIGAP: Tim Reaksi Cepat.

Pristiawan juga mengajak sering cuci tangan menggunakan sabun. Bila merasa sakit segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Mari sengkuyung bersama saling mengingatkan untuk kebaikan kita semua,” katanya.

Sementara terkait penyemprotan disinfektan, Pristiawan mengingatkan ada prosedur standar. Jangan sampai bahan kimia  masuk  dalam tubuh  yang bisa mengakibatkan ganguan kesehatan. Karena itu, diperlukan pengetahuan dan pakaian  alat pelindung diri (APD) khusus.

Sering membersihkan lantai. Pintu  disemprot menggunakan handspray berisi deterjen atau akhohol. Membiasakan berjemur pagi, dan olahraga .

“Mari kita menjadi garda terdepan di lingkungan kita masing masing tanpa harus bergerak keluar rumah. Memberi contoh bagi masyarakat untuk mematuhi imbauan, bersabar serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga bencana wabah virus covid 19 ini segera selesai,” ujar Pristiawan.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA