oleh

Belum Ada Pengumuman Tingkat Efikasi Sinovac

BERITA649.COM – Beredarnya berita tentang WHO yang membandingkan 10 vaksin COVID-19, lalu menyebutkan Sinovac yang paling lemah, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Badan POM, Dr Dra Lucia Rizka Andalusia MPharm Apt buru-buru melakukan klarifikasi.

“Kami sampaikan tidak ada dokumen dan informasi resmi dari WHO yang membandingkan respon imunitas 10 kandidat vaksin,” kata Lucia seperti dilansir covid19.go.id (20/12/2020).

Informasi yang menyebutkan vaksin Sinovac paling lemah juga tidak benar. Lucia sudah melakukan konfirmasi kepada pihak WHO di Indonesia.

“Sampai saat ini belum ada pengumuman tingkat efikasi vaksin Sinovac dari produsen maupun badan pengawas obat di negara tempat dilakukannya uji klinik,” tambah Lucia.

BACA JUGA: Pemerintah Jamin Vaksin Aman

Informasi yang mengatakan hanya Indonesia yang memesan vaksin Sinovac juga tidak tepat. Sejumlah negara telah melakukan pemesanan vaksin COVID-19 dari Sinovac. Yakni Brazil, Turki, Chile, Singapura, dan Filipina.

Bahkan, Mesir juga sedang bernegosiasi bisa memproduksi vaksin Sinovac.  Lucia mengatakan, pemerintah telah menyatakan komitmen memastikan vaksinasi hanya dilakukan dengan vaksin yang aman,  efektif, dan bermutu.

Badan POM bersama Komite Nasional Penilai Obat dan para ahli akan memastikan dan mengawal aspek keamanan, khasiat serta mutu dari vaksin COVID-19 sesuai standar yang ditetapkan WHO.

Kata Lucia, upaya percepatan segera bisa keluar dari pandemi COVID-19 adalah dengan vaksinasi yang perlu dijalankan bersama dengan disiplin 3M. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA