oleh

Belanja Tak Perlu ke Pasar, Cukup Gunakan GoShop

Pemerintah Kota Yogyakarta menjalin kerjasama  dengan  Gojek. Kerjasama ini merupakan upaya kongkret Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta menyikapi pandemi virus Corona. Ketentuan menjaga jarak sosial bisa dilakukan agar bisa menekan penularan Covid-19.  Tapi, pedagang juga masih bisa menjalankan usaha  menggunakan aplikasi Gojek.

—————-

KERJASAMA Pemkot Yogyakarta dengan Gojek menjadi jalan keluar ketika wabah virus Corona menghantui siapapun. Wakil Walikota Heroe Poerwadi mengatakan kerjasama ini  tidak mengharuskan penduduk keluar dari rumah untuk berbelanja ke pasar.

“Sehingga penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” kata Heroe usai acara penandatanganan naskah kerjasama di Balaikota Timoho Yogyakarta, hari ini (21/4/2020).

Heroe berharap, produk kerjasama ini  dimanfaatkan masyarakat. Karena belanja kebutuhan pokok masih tertinggi kedua setelah belanja medis. Wawali lantas menyinggung situasi jalan-jalan di Kota Yogyakarta yang kembali ramai.

Ia khawatir masyarakat menjadi rentan terpapar Covid-19.  Nah, adanya layanan GoShop dari Gojek dapat menekan masyarakat yang keluar rumah hanya untuk belanja kebutuhan pokok. Namun,  Heroe meminta pihak Gojek selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan para pengendara ojek online (Ojol).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono mengatakan sekitar 15.600 pedagang dari enam pasar tradisional telah tergabung dalam layanan belanja daring menggunakan aplikasi GoShop.

Yakni Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, Pasar Legi Patangpuluhan, Pasar Kotagede, Pasar Sentul, dan Pasar Demangan.  Yunianto menargetkan 10 persen pedagang di setiap pasar tradisiona bergabung dalam layanan belanja online.

“Semakin banyak pedagang bergabung semakin baik,” katanya.

Caranya, masyarakat tinggal download aplikasi GoShop. Di aplikasi ini akan muncul banner update harga di enam pasar tradisional. Selanjutnya, masyarakat tinggal menentukan pasar yang akan dipilih melalui menu pencarian pasar. Driver selanjutnya menyerahkan kuitansi pembelanjaan resmi kepada pemesan. Sementara para pedagang tidak perlu membuka akun atau mendaftar.  Cukup memperbarui harga.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA