oleh

Bantuan Produktif Usaha Mikro Siap Dibagikan, Siapa Penerimanya?

YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta bakal menggelontorkan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021 tahap kedua.

Pelaku usaha  yang belum tercatat sebagai penerima tahap pertama dapat mendaftar tahap kedua.

“Ini bukan perpanjangan pendaftaran,” terang Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto (7/5/2021).

BACA JUGA: Voume Kubah Tengah Gunung Merapi 1,7 Juta Meter Kubik

Calon penerima BPUM tahap kedua  terbuka bagi pelaku UKM yang sudah diusulkan, tapi belum menerima bantuan.

Pelaku UKM yang telah mendaftar tahun 2020 dan belum menerima bantuan, bisa mendaftar kembali tahun ini.

Pendaftaran BPUM melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Selanjutnya, pelaku UKM diminta mencetak bukti pendaftaran.

Lalu, menyerahkan berkas pendaftaran fotokopi KTP, kartu keluarga dan izin usaha mikro. Penyerahan berkas paling lambat  31 Mei 2021 melalui kelurahan.

Nilai BPUM tahun 2021 sebesar Rp 1,2 juta  per orang. Syaratnya, pendaftar adalah warga Kota Yogyakarta dibuktikan dengan kartu identitas.

BACA JUGA: Kota Yogyakarta Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan izin usaha mikro, tidak sedang mengakses pinjaman KUR,  bukan ASN/TNI/Polri dan pegawai BUMD/BUMN.

“Ingat, hanya mengajukan satu pemohon dalam satu kartu keluarga,” kata Tri Karyadi.

Pada program BPUM tahun 2021 tahap pertama  tercatat sebanyak 1.606 pelaku UKM yang mendaftar. Sebanyak 850 sudah terverifikasi,  sisanya masih dalam proses.

Pada tahun 2020, sudah ada 15.000 pelaku usaha yang mendaftar. Namun hanya  4.133 UKM yang menerima bantuan.

Diperkirakan sekitar 21.000 pelaku UKM yang memiliki KTP Kota Yogyakarta. Sedangkan potensi pelaku UKM di Kota Yogyakarta yang belum mendaftar BPUM sebanyak  6.000 orang. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA