oleh

Bagi yang Pernah Nguliner di Soto Lamongan, Silakan Periksa Kesehatan

YOGYAKARTA – Ini warning dari Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.  

Heroe meminta masyarakat yang pernah datang ke Soto Lamongan  (utara XT Square, red) selama bulan Agustus segera periksa kesehatan.

“Segera datang ke layanan kesehatan terdekat. Ceritakan kasusnya,” kata Heroe Poerwadi kepada wartawan (29/8/2020).

Statemen Heroe Poerwadi menyikapi laporan Gugus Penanganan Covid-19 DIY yang menyebutkan terdapat penambahan 16 pasien positif di Kota Yogyakarta.  Heroe memembenarkan tracing terhadap kasus Lamongan menemukan 10 kasus positif.

Heroe yang juga wakil walikota ini menyebut Soto Lamongan  menjadi klaster baru di Kota Yogyakarta. Itulah sebabnya, siapapun yang pernah kulineran di Soto Lamongan secepatnya cek kesehatan. Lalu, melakukan isolasi diri.

Selalu memakai masker. Tetap berada di rumah. Tidak keluar dari rumah. Juga  membatasi menyentuh barang-barang.

“Untuk memastikan apakah isolasi mandiri atau tidak, segera datang ke layanan kesehatan terdekat. Ceritakan kasusnya,” pintanya.

Selain klaster di Soto Lamongan, penambahan pasien positif covid-19 di Kota Yogyakarta karena ada tambahan transmisi lokal. Yakni, kasus karyawan swasta dengan mobilitas transportasi.

Semua riwayat kontak sudah ditracing. Hasilnya, ditemukan 5 kasus.  Heroe meminta semua pihak  lebih ketat menjalankan protokol covid-19 di rumah, lingkungan kerja dan destinasi wisata. Juga tempat umum, seperti  hotel, mal, resto, cafe, dan angkringan.

Pemkot Yogyakarta akan terus menggiatkan monitoring. Melakukan pemeriksaan lebih ketat terhadap semua layanan publik.

“Mari semua membuat jaminan terhadap diri sendiri dan orang lain bahwa kota Yogyakarta sudah menerapkan protokol covid-19,” katanya. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA