oleh

Atasi Dampak Pandemi Covid-19, Warga Karangwaru Buka Mini Market

Warga RT 55 Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo melaunching  gerakan sosial “Gelar Gulung”.  Ini adalah program penunjang penyangga ketahanan pangan dan ekonomi  menghadapi dampak Covid-19. Bagaimana kiprahnya?

____________

ADALAH Sekretaris Gelar Gulung RT 55, Gatot Supriyadi yang menyatakan gerakan “Gelar Gulung” sebagai respon masyarakat menyikapi dampak penularan Covid-19. Pandemi yang berdampak  terhadap terganggunya  kegiatan perekonomian. Bahkan, Gatot memperkirakan kondisi tak mengenakkan ini masih akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

“Semua terkena dampaknya. Terutama pada kegiatan ekonomi,” kata Gatot.

Lalu, munculah gagasan menyikapi dampak pandemi Covid-19 di kampung Karangwaru. Idenya sederhana. Bagaimana ada program yang bisa menjadi solusi penduduk yang kehilangan pekerjaan, termasuk mengatasi warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Intinya, warga bersepakat perlu  rekayasa membangun ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi.

Setelah melalui pertemuan berkali-kali, aksi kali pertama melakukan inventarisasi. Gatot mengatakan sebanyak 21 kepala keluarga di RT 55 Karangwaru terkena dampak Covid-19. Solusinya diberi bantuan donasi sembako melalui paket harian dan mingguan.

“Disesuaikan dengan tingkat kebutuhan,” kata Gatot.

Sementara, ada lima program yang digarap dalam Gelar Gulung. Yakni, pembentukan pusat krisis, pemberian paket sembako, membuka minimarket,  menggarap agromart dan  membuka kafetaria. Dari mana sumber pendanaan? Dana berasal dari  sumbangan masyarakat yang tinggal di RT 55 Karangwaru.  Hanya dalam kurun waktu selama satu minggu, donasi  terkumpul dana  sebanyak Rp 85 juta.

Dana tersebut dikelola melalui koperasi.  Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan logistik, koperasi mendirikan toko dan mini market. Pembangunan toko disupport penduduk.  Ada warga yang merelakan sebagian rumah jadi toko. Barang-barang yang dijual disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Tentu, harganya lebih murah.  Yang menarik, sebagian barang-barang yang dijual diproduksi warga RT 55 Karangwaru.

Wakil Walikota Heroe Poerwadi memuji inovasi warga RT 55 Karangwaru.  Heroe menyebut program Gelar Gulung menunjukkan semangat warga bergotong royong menghadapi dampak Covid-19.

“Terobosan seperti inilah yang dibutuhkan. Saya berharap program ini terus berkelanjutan setelah pandemi Covid-19 selesai,” kata Wawali.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA