oleh

Antisipasi Lonjakan Kasus Positif, DIY Siapkan 27 Rumah Sakit

BERITA649.COM – Kepala Dinas Kesehatan DIY, dr Pembayun Setyaning Astuti  mengatakan kasus COVID-19  meningkat signifikan.

“Tren kumulatif mingguan kami, dalam beberapa minggu terakhir ini meningkat cukup tajam,” kata Pembayun saat audiensi dengan Tim Task Force Kementerian Kesehatan Wilayah Jateng dan DIY,  (30/11/2020).

Dalam satu minggu terakhir, penambahan kasus COVID-19 di DIY mencapai 646 kasus. Bahkan,  dalam satu hari kenaikan mencapai 130 kasus.

Kenaikan tersebut berasal dari beberapa kluster. Antara lain pesantren,  keluarga dan kluster perkantoran. Daerah penyumbang kasus tertinggi adalah Kabupaten Sleman.

BACA JUGA: Penerima GoSend Ternyata Pasien COVID-19, Ini Kisahnya….

Menghadapi lonjakan pasien, Pemerintah DIY telah menyiapkan 27 dari 78 rumah sakit . Seluruhnya disiagakan menangani pasien COVID-19.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan DIY, dalam satu minggu terakhir presentase Bed Occupancy Ratio (BOR) mencapai 80-90 persen.

Sementara penanganan pasien COVID-19  tidak bergejala maupun bergejala ringan, telah disiapkan 12 tempat karantina di 5 kabupaten dan Kota Yogyakarta. Termasuk milik pemerintah DIY.

Seperti disiarkan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat , Pemerintah DIY  terus menekan kenaikan kasus baru, mengurangi angka kematian serta meningkatkan angka kesembuhan.

Salah satunya menggencarkan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan yang menyasar keluarga.

Khususnya lansia, ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan penduduk dengan komorbid. Pemerintah DIY juga berencana meningkatkan operasi penegakan hukum  terhadap  pelanggar protokol kesehatan. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA