oleh

Anggap Enteng Prokes, Sejumlah Negara Kembali Lockdown

BERITA649.COM – Kasus aktif di Indonesia terus mengalami penurunan. Bahkan, lebih baik dibandingkan rata-rata dunia.

“Capaian baik ini harus dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito di kanal YouTube BNPB (5/11/2020).

Masyarakat  Indonesia harus belajar dari sejumlah negara di Eropa yang harus kembali melakukan lockdown karena kenaikan kasus positif.

Cara terbaik untuk menekan kasus aktif dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan. Harus menjaga dan skrining mobilitas masyarakat keluar masuk Indonesia.

BACA JUGA: 6 Jam, Terjadi 85 Gempa Fase Banyak

Kata Wiku, sejumlah negara Eropa saat ini mengalami pandemi COVID-19  gelombang kedua. Seperti Inggris, Perancis, Jerman, Belgia dan Yunani.

Otoritas lima negara ini memutuskan lockdown. Penyebabnya masyarakat mulai menganggap enteng protokol kesehatan.

Indonesia saat ini sudah memiliki beberapa pencapaian penanganan COVID-19 yang semakin baik.

Tanggal 5 November, misalnya.  Jumlah kasus aktif sebanyak 54.306 kasus atau 12,75 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan rata-rata dunia berada di angka 25,8 persen.

BACA JUGA: Ini Cara Hemat Penggunaan Data Internet

Penambahan kasus positif sebanyak 4.065 kasus. Sedangkan kasus sembuh  357.142 orang (83,9 persen), sementara kasus sembuh di dunia sebesar 71,3 persen.

Pencapaian juga terjadi pada pemeriksaan COVID-19 yang terus mendekati standar World Health Organization (WHO).

“Jangan lengah. Pemerintah dan masyarakat harus  meningkatkan kolaborasi dan terus meningkatkan capaian ini,” ajak Wiku.

Melaksanakan protokol kesehatan 3M  secara benar. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta menjauhi kerumunan.

Masyarakat  harus semakin disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Disiplin tidak saja melindungi sendiri, melainkan melindungi orang-orang terdekat. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA