oleh

Prodi Teknologi Hasil Pertanian UMBY Raih Akreditasi A

BANTUL – Semakin banyak program studi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang naik kelas. Kali ini, Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Agroindustri mendapatkan predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Penetapan Akreditasi A berdasarkan  keputusan BAN-PT Nomor 0564/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 tanggal 1 September 2020.

Perolehan akreditasi A diperoleh melalui asesmen lapangan secara daring yang dilaksanakan 24 dan 25 Agustus 2020  dengan 7 standar penilaian.

Tujuh standar penilaian  meliputi visi dan misi serta sasaran prodi. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu.

BACA JUGA : Mau Bikin Avatar di Facebook? Ini Caranya

Mahasiswa dan lulusan. Kualitas SDM yang bekerja di prodi. Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. Juga pembiayaan sarana dan prasarana serta sistem informasi.

Juga penilaian berbagai penelitian, program pengabdian masyarakat dan kerjasama dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri.

Ketua Program Studi THP, Prof Dr Ir  Dwiyati Pujimulyani MP  mengatakan, peringkat akreditasi A merupakan buah kerja keras sivitas akademika di Fakultas Agroindustri.

“Alhamdulillah, kami berhasil memperoleh akreditasi yang menggembirakan. Terimakasih kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasswa dan para alumni,” kata Dwiyati kepada wartawan, hari ini (2/9/2020).

BACA JUGA : Virus Berdaya Infeksius 10 Kali Lebih Tinggi Terdeteksi di DIY dan Jateng

Dekan Fakultas Agroindustri, Dr Agus Slamet,MP menambahkan perolehan  akreditasi A merupakan kali kedua sejak universitas didirikan.

Sebelumnya akreditasi B. Lalu melakukan pembenahan di setiap tahun. Mulai peningkatan kualitas tenaga pengajar hingga memperkuat spesifikasi. Hingga sekarang,  prodi ini terdapat 2 guru besar dan lima doktor.

“Tenaga pengajar lain sedang menyelesaikan S3. Fakultas juga sedang menambah kelengkapan laboratorium dan sarana prasarana pendukung lain,” jelas Agus.

Kepala Humas UMBY, Widarta SE MM  berharap diraihnya akreditasi A  dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadap  Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Perolehan akreditasi A juga  akan dijadikan  sebagai pendorong terus menelurkan lulusan yang berkualitas.

“Juga meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat selaras dengan visi UMBY yang menjadikan sebagai universitas unggul, mutu dan bermanfaat,” katanya. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA