oleh

94 Relawan Jalani Tes Swab

BERITA649.COM –  Tak hanya tenaga kesehatan. Kesehatan para relawan juga diperhatikan. Hari ini, puluhan relawan menjalani tes swab.

Tes swab massal dilaksanakan di markas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggunangan Bencana Daerah (BPBD) DIY di Jalan Kenari.

“Seluruh relawan mengikuti tes swab,” kata Komandan TRC BPBD DIY, Pristiawan Buntoro kepada BERITA649.COM, malam ini (30/11/2020).

Total relawan yang menjalani tes swab sebanyak 94 personil. Hanya dilakukan secara bertahap. Pada malam ini, sebanyak 31 personil relawan yang menjalani tes swab.

BACA JUGA: AMSI DIY Melawan Hoaks

Mereka adalah relawan  yang sehari-harinya melaksanakan tugas pemakaman penduduk menggunakan protokol kesehatan. Prosesnya, mulai mengambil jenazah dari rumah sakit, hingga mengubur di pemakaman.

Pekerjaan ini tak mengenal waktu. Dalam satu hari bisa melakukan lebih dari dua pemakaman.

Pristiawan mengatakan, para relawan juga berisiko tertular virus corona. Itulah sebabnya, alat pelindung diri (ADP) dimaksimalkan. Ini adalah tindakan pengamanan diri.

Berikutnya, melakukan kontrol terhadap kesehatan relawan. Tes swab adalah salah satu kontrol terhadap kondisi kesehatan para relawan.

BACA JUGA: Walikota: Pembinaan Atlet Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Tes swab kali ketiga pada waktu yang berbeda. Tes swab kali ini juga berbeda. Bila dua kali pelaksanaan tes swab menggunakan swb PCR, kali ini menggunakan swab antigen.

Mengetahui tes ini tidak menunggu waktu lama. Hanya membutukan waktu sekitar 12 menit.  Hasilnya langsung bisa diketahui.

“Alhamdulillah. Tiga puluh satu relawan yang telah mengikuti tes, semuanya negatif,” kata Pristiawan.

Selanjutnya, 63 relawan menyusul menjalani tes swab antigen. Hanya, waktunya masih menunggu jadwal dari tim medis. (aza/asa)

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA