oleh

5 Indikator Keberhasilan Disiplin 3M

BERITA649.COM – Keberhasilan program perubahan perilaku dapat diukur dari menurunnya jumlah kasus terinfeksi, dan meningkatnya kepatuhan dan disiplin protokol 3M.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menyebut ada lima indikator keberhasilan. Meliputi individu, keluarga, komunitas, institusi dan wilayah.

Indikator individu adalah meningkatnya persentase individu yang patuh 3M.  Keluarga dilihat dari meningkatnya persentase anggota keluarga yang patuh 3M. Aspek komunitas adalah menurunnya kegiatan yang menyebabkan kerumunan dan tidak mematuhi 3M.

BACA JUGA: Moeldoko: Penyediaan Vaksin adalah Amanah Konstitusi

Indikator institusi adalah meningkatnya jumlah institusi yang memiliki aturan dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19, serta menyediakan fasilitas pendukung orang patuh 3M. Sedangkan  indikator wilayah adalah menurunnya persentase masyarakat yang meyakini tidak akan tertular COVID-19.

“Satgas penanganan COVID-19 tidak dapat bergerak sendiri. Diperlukan kolaborasi antara pemerintah, media, masyarakat, pelaku usaha, dan akademisi  untuk menjalankan peran masing-masing,” kata Doni Monardo.

Keberhasilan perubahan perilaku juga diperlukan strategi terintegrasi dan terarah, lalu diikuti koordinasi yang solid antarsatgas secara berjenjang. Doni mengajak masyarakat memastikan perubahan perilaku dapat terlihat nyata, sehingga berhasil memutus penyebaran COVID-19.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing tiap langkah kita dalam menjalankan pengabdian terbaik bagi Indonesia tercinta,” kata Doni. (nik/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA