oleh

45,8 Persen Komitmen Terapkan Protokol Kesehatan

BERITA649.COM – Selama 14 hari kerja, 200 orang sebagai Duta Perubahan Perilaku melakukan sosialisasi protokol kesehatan terhadap 281.029 orang.

Perwakilan Duta Perubahan Perilaku bersama Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bertamu menemui Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadim hari ini (17/12/2020).

Heroe yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta memberi apresiasi kepada kerja Duta Perubahan Perilaku dalam penanganan COVID-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto Raharjo, mengatakan Duta Perubahan Perilaku diberikan pembekalan ada 1 Desember lalu.

BACA JUGA: Mobil BSL-2 Percepat Uji Sampel Spesimen

Mereka mengemban tiga tugas utama. Yakni, melakukan sosialisasi terkait gerakan 3M; menjalin kerjasama dengan forum di tingkat kecamatan dan kelurahan; serta menyampaikan laporan.

Hasilnya, sebanyak 128.934 dari 281.029 orang atau 45,87 persen berkomitmen menerapkan protokol kesehatan. Sebanyak 151.645 orang menerima, dan 450 orang menolak.

Duta Perubahan Perilaku melakukan sosialisasi protokol kesehatan  di rumah warga, jalan umum, restoran, tempat olah raga, pasar, dan kantor.

Juga dilakukan secara online melalui  instagram, Facebook, Twitter, dan Vicon Group. Sementara Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Rifai, menyatakan Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menjadi tolok ukur Satgas Penanganan COVID-19.

“Saya bangga dan merasa senang dengan Kota Yogyakarta. Hanya dengan 200 orang  berhasil menyampaikan pentingnya protokol kesehatan kepada 281.029 orang. Ini capaian yang luar biasa,” katanya. (nik/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA