oleh

4 Cara Tetap Produktif pada Pandemi COVID-19

JAKARTA –  Pelukis yang juga Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Tisna Sanjaya berbagi tips menjalani kehidupan pada pandemi COVID-19.

“Kondisi sekarang harus tetap produktif dan terus berkreasi,” kata Tisna  pada dialog “Kreativitas di Atas COVID-19” di Media Center Satgas COVID-19 Graha BNPB, Jakarta (17/10/2020).

Pertama, perlu mencintai dan menikmati hari-hari dengan perasaan gembira pada pandemi virus corona.  Pelukis yang akrab disapa Kang Tisna ini mengatakan sepintas seperti hari-hari biasa. Tapi sebetulnya berbeda.

BACA JUGA: Dai Sekarang Harus Bisa Bikin Konten Kreatif

Kedua, menjadikan setiap perubahan dan perbedaan adalah energi. Misalnya ketika  keluar rumah. Bertemu dengan orang-orang sekitar, bersosialisasi, dan bergaul dengan dinamika hidup unik atau rumit harus menjadi spirit.

Ketiga, setiap perubahan dan pertemuan harus dikondisikan sebagai peristiwa seni. Seni  yang mengolah ras, sekaligus membangun harapan dengan memanjatkan doa.

Keempat, berfikir positif dan optimistis. Pandemi  virus corona  tidak hanya terjadi di Indonesia. Tapi juga melanda seluruh dunia.

BACA JUGA: Menkominfo Sebut Beredar 2 Ribu Hoaks COVID-19

Kang Tisna mengajak semua kegiatan yang dijalani sebagai seni lewat doa. Seni untuk perubahan.

“Kalau tidak seperti itu kita tidak suka cita,” kata Kang Tisna yang mengusung seni partisipatif dengan melibatkan keluarga.

Kang Tisna mengajak adaptasi kebiasaan baru harus memunculkan kreativitas.  Menjalani perubahan perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan. Mulai memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (ad/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA