oleh

35,5 Juta Orang Terima Kuota Internet

BERITA649.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberi bantuan kuota data internet kepada 1,9 juta guru, 166 ribu dosen, 3,8 juta mahasiswa, dan 29,6 juta siswa sekolah.

Kuota internet dimanfaatkan setiap jenjang pendidikan. Sebanyak 35,5 juta pendidik dan peserta didik  seluruh Indonesia telah menerima kuota  sejak September 2020.

Selain bantuan kuota data internet, pemerintah juga memberi bantuan melalui peluncuran  bantuan subsidi upah (BSU) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS.

Bantuan menyasar lebih dari 2,74 juta pendidik dan tenaga kependidikan non-PNS.  Program ini  menggelontorkan dana Rp 4,7 Triliun dari Kemendikbud dan Kemenag.

BACA JUGA: Lalai Prokes, Sekolah Bisa jadi Klaster Penularan

Setiap pendidik dan tenaga kependidikan menerima BSU Rp 1,8 juta. Survei dari Lembaga Arus Survei Indonesia  pada Oktober 2020 menyebutkan sebanyak 85,6 persen responden menilai program Bantuan Kuota Data Internet  meringankan beban ekonomi orang tua.

“Bantuan ini sangat meringankan beban pengeluaran sehari-hari,” kata Guru SDS Islam Ibnu Hajar Cipayung, Arya Wiratman pada dialog memperingati Hari Guru Nasional (25/11/2020).

Dosen Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi STKIP Pasundan, Cimahi, Jawa Barat, Deswita Supriyanti mengaku harus mengatur ulang perencanaan keuangan keluarga pada masa pandemi COVID-19.

TUAN

Biaya pembelian data internet menjadi kebutuhan primer. Setelah pemerintah mengucurkan bantuan data internet, perencanaan keuangan keluarga kembali normal.

Dosen STKIP PGRI Bandar Lampung, Sri Murni SPd MPd mengungkapkan sebelum ada bantuan harus pintar menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.

Ia  bersyukur dengan bantuan pemerintah berupa pulsa maupun bantuan subsidi upah (BSU).

“Uang yang awalnya kami sisihkan untuk kuota bisa kembali kami pakai untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” katanya. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA