oleh

30 Dusun di Lereng Merapi Masuk Kategori Bahaya

BERITA649.COM –  Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta memetakan wilayah yang masuk kategori bahaya bila terjadi erupsi Gunung Merapi.

Di DIY yang masuk wilayah bahaya adalah Cangkringan, Sleman. Meliputi Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagahrarjo; Kaliadem, Desa Kepuhjarjo; dan  Dusun Pelemsari, Desa Umbluharjo.

Sedangkan wilayah bahaya di Jawa Tengah meliputi  Selo, Boyolali; Kemalang, Klaten; dan Dukun, Kabupaten Magelang.

Di kecamatan Dukun meliputi Dusun Batur Ngisor, Gemer, Ngandong dan Karaganyar. Empat dusun ini di wilayah Desa Ngargomulyo.

BACA JUGA: Dibutuhkan 8.060 Tenaga Contact Tracer

Lalu Dusun Trayem, Pugeran, dan Trono di wilayah Desa Krinjing. Sementara di Desa Paten meliputi Dusun Babadan 1 dan Babadan 2.

Wilayah lain yang dinyatakan bahaya adalah Dusun Stabelan, Takeran dan Belang di Desa Tlogolele. Berikutnya Dusun Sumber, Bakalan, Bangunsari, dan Klawah Duwur di Desa Klakah. Serta Dusun Jarak dan Sepi di Desa Jrakah.

Sementara di Desa  Tegal Mulyo, Kecamatan Kemalang  meliputi Dusun Pajekan, Canguk, dan Sumur. Wiayah Desa Sidorejo meliputi Dusun Petung, Kembangan dan Deles.

Sedangkan Desa  Balerante meliputi Sambungrejo, Ngipiksari dan Gondang.

Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida meminta kegiatan penambangan yang berhulu di Gunung Merapi dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III dihentikan.

Pelaku wisata tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III, termasuk pendakian ke puncak Gunung Merapi. (aza/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA