oleh

26 Kepsek Curhat tentang Belajar di Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA – Bagaimana suasana hati para kepala sekolah melakukan belajar jarak jauh? Apa yang dirasakan? Pertanyaan itu menginspirasi lahirnya buku baru.

Buku ini berkisah tentang berbagai pengalaman yang dialami para kepala sekolah mengajar pada pandemi virus corona.

Kemunculan buku ini diinisiasi forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Yogyakarta. Sebanyak 26 kepala sekolah SMP dan MTs mengungkapkan isi hatinya melalui buku setebal 418 halaman.

Buku ini juga berisi tentang inovasi dan kreativitas mengelola siswa belajar dari rumah yang  berlangsung sejak pertengahan Maret sampai sekarang.

BACA JUGA: 5.830 Mahasiswa Baru UII Ikuti Kuliah Perdana Daring

“Buku ini menarik. Masyarakat akan  mengetahui ide-ide kreatif kepala sekolah menyikapi wabah virus corona,” kata Ketua MKKS Kota Yogyakarta Hidayat Umar.

Proses produksi buku membutuhkan  waktu selama  kurang lebih satu bulan.  Awalnya, ketika gagasan itu dishare,  hanya ada sepuluh kepala sekolah yang bersedia mengambil peran.

Namun, setelah disosialisasikan melalui banyak grup whatsapp, 26 guru menyatakan bergabung. Buku mengupas pengalaman  26  kepala sekolah berinovasi melakukan belajar mengajar secara virtual.

Guru tidak hanya melaksanakan tugas dengan google classroom. Mereka harus membuat terobosan dengan konten dan cara menarik.

“Apa saja permasalahannya inilah yang kami tulis,” terang Hidayat Umar yang juga kepala sekolah SMP 2 Yogyakarta.

BACA JUGA : Penggunaan Dana Penanganan Covid-19 Mulai Diaudit

Kemunculan buku itu diapresiasi Walikota Haryadi Suyuti.  Walikota mengatakan kreativitas dan inovasi sangat penting  untuk menemukan pembelajaran dari rumah yang ideal pada masa pandemi covid-19.

Walikota akan menyampaikan  buku tersebut kepada Kementerian Pendidikan. Haryadi  sekaligus juga akan meminta masukan apakah proses belajar mengajar di Kota Yogyakarta selama wabah virus corona sesuai keinginan pemerintah.

Haryadi berharap buku ini bisa menjadi referensi dan motivasi  guru melakukan pembelajaran dari rumah.  Buku ini juga perlu para orang tua siswa. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA