oleh

2 Pelajar Muhammadiyah Temukan Enzim yang Hambat Virus Corona

BERITA649.COM – Dua pelajar SMA Muhammadiyah 10 GBK Kabupaten Gresik Jawa Timur menemukan  obat yang berpotensi bisa mengatasi COVID-19. Keduanya bernama Yoraisa Ghany Setyawan dan Salsabila Muetia.

Yoraisa dan Salsabila melakukan riset tentang manfaat  daun mimba. Ternyata,  daun mimba merupakan tanaman yang  bisa menjadi anti virus.

Pada ajang World Innovatif Science Project Olympiade (WISPO) yang diselenggarakan Indonesia Scientific Society (ISS), keduanya mengalahkan 58 finalis dari 13 negara, termasuk finalis dari Indonesia. Yoraisa dan Salsabila membawa pulang medali silver.

Yoraisa mengatakan, prosesnya cukup mudah. Daun mimba dicuci bersih, lalu dikeringkan. Selanjutnya diblender dicampur dengan etanol agar muncul ekstrak.

BACA JUGA: Ge-Nose Siap Digunakan, Biaya Hanya Rp 25 Ribu

“Dari sinilah ekstrak bisa dijadikan kapsul,” katanya seperti dilansir muhammadiyah.or.id, 23 Desember lalu.

Daun mimba merupakan  tanaman yang terbukti memiliki aktivitas anti virus terhadap HCV (Hepatitis C Virus), virus herpes simplex tipe I, dan dengue virus.

Senyawa gedunin yang merupakan salah satu metabolit sekunder daun mimba dilaporkan mempunyai aktifitas terbaik sebagai antivirus dengue pada tahun 2020. Sehingga pada penelitian ini, metabolit sekunder daun mimba yang digunakan adalah gedunin.

BACA JUGA : Pengunjung Dilarang Berhenti di Jalan Malioboro

“Selanjutnya dilakukan analisis in silico  untuk mengetahui mekanisme kerja senyawa dapat menghambat pertumbuhan virus dalam tubuh manusia,” terang Yoraisa.

Analisis in silico ini menggunakan softwere autodock vina, dan autodock tools 1.5.6 untuk melakukan docking. Juga digunakan softwere Lig Plus, VMD, PyMoL, serta Marvin sketch untuk melakukan persiapan dan analisis molekul.

Riset dua pelajar ini  menemukan ada enzim yang bisa menghambat virus corona dalam tubuh manusia.

“Tentu ini masih penelitian awal yang butuh riset lanjutan,” kata Yoraisa. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA