Wayang Jogja Night Carnival jadi Kalender Event Nasional

YETI MARTANTI

Kemeriahan mewarnai hari ulang tahun ke-263 Kota Yogyakarta. Dalam sebulan terakhir, masyarakat disuguhi sederet pertunjukan. Ada 22 event yang digelar secara bergantian. Diawali acara Wiwitan, dan akan diakhiri  pertunjukan Wayang Pungkasan yang akan dilaksanakan 31 Oktober 2019.

—————-

SALAH satu event pertunjukan yang sukses adalah Wayang Jogja Night Carnival (WJC) #4 pada 7 Oktober 2019. Lautan manusia yang membanjiri Jalan Jenderal Sudirman, Tugu Pal Putih hingga berakhir di Alun-alun Utara Yogyakarta menjadi saksi suksesnya pergelaran WJC #4.

“Progres pergelaran Wayang Jogja Night Carnival ke empat tahun ini sangat luar biasa. Terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan acara ini,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yeti Martanti.

Kesuksesan WJC #4 tidak terlepas dari kerjasama semua pihak. Ada masyarakat, pemerintah daerah, seniman, media, dan juga Kraton Yogyakarta yang mendukung penuh penyelenggaraan WJC #4. Persiapan dilakukan empat bulan sebelum hari “H” pertunjukan, atau sekitar bulan Juni sudah berproses. Diawali dengan diskusi, hingga intens menyelenggarakan workshop.

“Masyarakat bisa menerjemahkan konten event WJC #4 seperti yang diharapkan,” kata Yeti melihatkan ekspresi kegembiraan.

Buah kerjasama semua pihak membawa kesuksesan penyelenggaraan WJC #4. Bukan hanya aspek pertunjukan. Tapi, pergelaran WJC #4 juga berdampak positif bagi pelaku sektor pariwisata.

Hotel-hotel di Kota Yogyakarta panen tamu. Terutama hotel-hotel berbintang yang berlokasi di sekitar Tugu Pal Putih.

“Salah satu hotel bercerita kepada kami. Seluruh kamar  terisi saat gelar WJC #4. Padahal, dua hari sebelumnya, angka masih di bawah 50 persen,” terang Yeti.

Yeti optimistis ada relasi positif antara event WJC #4 dengan kedatangan wisatawan. Indikator tersebut diperkuat dengan tingginya animo puluhan pemerintah daerah  di Pulau Jawa yang menyaksikan WJC #4. Setelah melakukan evaluasi, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menjadikan Wayang Jogja Nigjt Carnival #4 sebagai kalender event nasional. Pelaksanaannya setahun sekali setiap HUT Kota Yogyakarta.

“Selain WJC #4, kami juga sedang mengkaji kemungkinan menggelar event serupa yang dilaksanakan pada waktu berbeda,” kata Yeti.

Dalam event yang sedang digagas ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta tetap akan menyuguhkan potensi masyarakat dari 14 kecamatan. Itulah sebabnya, Dinas Pariwisata menganggap perlu memberi atensi kepada wilayah untuk mengelola potensi seni pertunjukan.Masyarakat harus terus dimotivasi. Masyarakat harus diapresiasi dan difasilitasi. Terbukti, masyarakat yang pentas pada event WJC #4 bukan professional. Namun, bisa menyuguhkan tontonan yang berdampak terhadap sektor pariwisata.