Rp 1,4 Miliar untuk Program “Sinau Pancasila”

berita649.com – Badan Kesbangpol DIY bekerjasama dengan Pusat Studi Pancasila di berbagai perguruan tinggi menggelar kegiatan “Sinau Pancasila”. Program yang didukung komisi A DPRD DIY ini akan dilaksanakan di 78 kecamatan se-DIY.  Kegiatan yang didanai APBD DIY sebesar Rp 1,4 miliar ini menargetkan 8.800 kader Pancasila.

“Dewan berinisiatif menggelorakan Pancasila sebagai jalan  menghadapi dan mengatasi berbagai ancaman. Inisiatif tersebut berasal dari kesadaran atas bahaya berbagai ancaman yang nyata terjadi,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto kepada wartawan (7/2/2018).

Eko mengklaim, program tersebut telah disetujui berbagai pihak berkepentingan. Antara lain dari kalangan perguruan tinggi dan tokoh masyarakat. Program “Sinau Pancasila” meliputi bina ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan. Sementara Badan Diklat DIY pada tahun 2018 juga akan melakukan diklat ideologi Pancasila. Ada juga materi wawasan kebangsaan dan Keistimewaan DIY bagi pegawai di lingkungan Pemerintah DIY.

“Pendidikan Pancasila bagi ASN  penting agar dapat merumuskan kebijakan yang mampu mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bagi rakyat berdasarkan Pancasila dan konstitusi,” kata Eko Suwanto.

SINAU PANCASILA: Kerja bareng Badan Kesbangpol DIY, perguruan tinggi dan parlemen. (istimewa)