Perlu Protap Baru agar Sebaran Tidak Meluas

Di akhir pekan ini, Wakil Walikota yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyampaikan pesan kepada wartawan. Pesan yang disampaikan kepada para jurnalis tersebut terkait perkembangan penanganan Covid-19.

________

KALIMAT awal yang disampaikan Heroe Poerwadi mengatakan, saatnya  bangkit. Tidak meneruskan sikap terpuruk.

“Kita harus segera bangkit. Alhamdulillah modal sosial masyarakat Yogyakarta sangat kuat. Jiwa gotong royong dan gandeng gendong begitu melekat dalam menghadapi  pandemi Covid-19,” kata Heroe, hari ini (17/5/2020).

Menurut pengamatan Heroe, masyarakat selama bulan April memperlihatkan gerakan saling peduli.  Pengumpulan donasi sembako selama sebulan termonitor senilai Rp 3 miliar.

LUMBUNG PANGAN: Memberdayakan produk pertanian di perkotaan. (istimewa)

Ditambah lagi dengan makanan yang didistribusikan melalui masjid dalam bentuk takjil. Juga sembako yang dibagikan sepanjang jalan di kota Yogyakarta.  Belum lagi gerakan pencegahan melalui penyemprotan massal secara mandiri, termasuk penyediaan cuci tangan di setiap lokasi.

“Artinya gerakan normal baru tidak menghapus gerakan orisinal masyarakat yang sudah jadi tradisi. Seperti gotong royong dan gandeng gendong,” ungkap Heroe.

Heroe lantas mencontohkan RT 55 Karangwaru, Tegalrejo yang memunculkan gagasan visioner. Warga patungan. Terkumpul dana Rp 85 juta. Lalu digunakan untuk membangun minimarket.

Warga yang kekurangan bisa mengambil jatah secara gratis. Tetapi, mini market ini juga menjual dengan harga murah. Bisa menjadi outlet produk warga. Kata Heroe, gagasan ini terinspirasi kondisi pandemi Covid-19.

Heroe menegaskan, kebangkitan dimulai dengan pembuatan protokol. Protokol baru tersebut sebagai langkah menjadikan kehidupan bisa berjalan dengan kondisi normal baru.

“Kewaspadaan upaya pencegahan sebaran dibarengi dengan sikap hati-hati dan waspada. Namun, kehidupan masyarakat sudah normal,” jelasnya.

Protokol baru harus segera dibuat agar tidak terjadi sebaran yang lebih luas.  Fakta yang terjadi sekarang, kehidupan masyarakat Yogyakarta mulai ramai. Aktivitas perekonomian masyarakat kembali berjalan.

Author: asa

Tinggalkan Balasan