Kali Kulon, Wisata Baru di Magetan

DISKUSI: Inovasi tiada henti. (dok. kali kulon)

MAGETAN – Ada destinasi wisata baru yang sedang diwujudkan warga Panekan, Magetan, Jawa Timur. Namanya Desa Wisata Kali Kulon. Lokasi ini berjarak sekitar 9 kilometer dari kota Magetan. Berjarak sekitar 13 kilometer dari Wisata Sarangan. Saat ini, warga sedang merintis Kali Kulon sebagai wisata alternatif di Magetan. “Proses rintisan ini baru berjalan per 1 September lalu,” terang Nanang Haryono kepada berita649.com.

Kali Kulon akan dikemas menjadi wisata sejarah dan edukasi. Nantinya di lokasi wisata dengan pemandangan sawah di bawah Gunung Lawu ini dibuka wahana wisata yang berdukasi. Antara lain, mengenalkan para siswa terhadap peninggalan sejarah. Di tempat ini terdapat bangunan pembuatan tahu yang telah eksis sejak tahun 1970an. Bahkan, warga menyebut bangunan di tengah swah itu sudah ada sebelum tahun 1970.

Juga ada wisata alam bagi anak-anak. Misalnya wahana kelinci, kolam angsa, dan kolam ikan. Lokasinya berada di bawah rimbunan pohon bambu. Suasananya sangat alami. Segar dan menyejukkan. Pengelola juga akan mengajak anak-anak mengelilingi sawah dengan menaiki kerbau. Tak hanya itu. Berbagai spot selfi juga telah disiapkan. Mulai jembatan di atas sawah, gardu pandang dan pemandangan persawahan.

“Bagi yang suka kuliner jangan khawatir. Kami telah menyiapkan kuliner khas Magetan,” terang Nanang.

Rencananya, Desa Wisata Kali Kulon akan dilaunching tanggal 1 Januari 2020. Pengembangan wisata ini menggandeng Komunitas Merapi dan konsultan wisata, Azam Sauki Adham.