Jelang Pilbup Bantul, Dewa Mulai Mengudara

BANTUL – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bantul baru akan berlangsung setahun lagi. Namun, suasananya mulai terasa. Bahkan, sejumlah nama sudah digadang-gadang akan diusung sebagai kandidat bakal calon bupati. Salah satu nama yang belakangan semakin terdengar nyaring di kampung kampung adalah Dewata Eka Putra yang akrab disapa Dewa.

Sosok pria berkumis yang dikenal sebagai owner “Pujha” ini sejak tiga bulan lalu menjadi topik pembicaraan masyarakat. Bahkan, baliho berukuran besar bergambar Dewa ini juga dipasang di dua puluh titik di wilayah Bantul. Betulkah Dewa akan menantang Drs H Suharsono dan Abdul Halim Muslih pada Pilkada 2020?

“Bukan menantang. Kami hanya menyodorkan sosok alternatif sebagai calon pemimpin di Bantul. Mudah-mudahan bisa menjawab keinginan warga Bantul,” kata Datien Wiranata saat dikonfirmasi berita649.com (25/5/2019). Datien disebut-sebut politikus yang mendorong Dewa tampil dalam kompetisi pemilihan bupati.

Lantas, dari mana¬† Dewa mendapatkan tiket politik? Betulkah akan menggunakan Partai Gerindra sebagai kendaraan politik? Datien engan menjawab. “Belum saatnya. Nanti, pasti akan saya sampaikan,” kilahnya.

Kemunculan Dewa memang menarik dalam perebutan kursi bupati Bantul yang akan digelar 2020. Dewa yang baru saja terpilih menjadi ketua IOF Pengda DIY ini bukan seorang politikus. Ia adalah pengusaha tulen asli Bantul. Saat dikonfirmasi, Dewa membenarkan mengenai pemasangan baliho bergambar dirinya yang tersebar di 17 kecamatan se-Bantul.

Namun, Dewa enggan berkomentar mengenai kendaraan politik yang akan ditumpangi. Jawabannya juga terbatas saat ditanya tentang kesiapannya menantang petahana. “Nggaklah. Saya nggak menantang,” katanya tersenyum.