Ini Ciri Orang Bertakwa

YOGYAKARTA – Siapa manusia yang masuk kategori takwa?  Rektor Univesitas Islam Indonesia, Fathul Wahid ST MSc PhD menyebut enam ciri orang bertakwa.  Yakni, dermawan, penyabar, pemaaf, penepat janji, pemohon ampun kepada Allah SWT dan berpikir jauh ke depan. “Ini ciri orang takwa menurut Alquran,” kata Fathul saat menjadi khatib pada Shalat Idul Adha di Alun alun Utara Yogyakarta, pagi ini (11/8/2019).

Dermawan artinya suka berinfak dalam keadaan lapang maupun sempit. Penyabar bermakna penahan amarah. Pemaaf adalah jika orang lain membuat kesalahan dan meminta maaf. Penepat janji bila berjanji. Segera memohon ampun kepada Allah SWT bila berbuat zalim kepada diri sendiri. Sedangkan berpikir jauh ke depan adalah visioner. Tidak terjebak hanya pada masa kini. Apalagi masa lalu.

Kata Fathul, ciri tersebut mengindikasikan tiga dimensi dalam bertakwa. Pertama, dimensi menyamping. Dimaknai hubungan antar-manusia dengan menjadi dermawan, penyabar, pemaaf, dan penepat janji. Kedua, dimensi mengatas, yakni hubungan dengan Allah SWT dengan menjadi pemohon ampun kepada Allah SWT. Sedangkan dimensi mengedepan adalah kesadaran masa mendatang dengan berpikir jauh ke depan.