Danang Rudiyatmoko Berpeluang jadi Ketua DPRD Kota Yogyakarta

YOGYAKARTA – Anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 baru saja dilantik. Siapa saja yang bakal menduduki kursi pimpinan dewan? Hingga hari ini, baru PDI Perjuangan yang telah menyiapkan kader-kader terbaik tampil di pimpinan. Sumber berita649.com menyebutkan, Danang Rudiyatmoko berpeluang diposkan di pimpinan dewan. Bahkan, politikus muda ini berpeluang menjadi ketua dewan. Sementara GM Dedi Jati Setyawan disebut-sebut sebagai calon ketua Fraksi PDI Perjuangan.

Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengumpulkan enam kursi di dewan belum mengumumkan susunan formasi di pimpinan dewan maupun alat kelengkapan dewan. Begitu pula Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sama-sama mendapatkan lima kursi. Juga belum mempublikasikan kader-kader di alat kelengkapan dewan. Sementara tiga nama dari partai Gerindra yang telah diajukan ke pusat untuk dicalonkan sebagai pimpinan dewan.

Mereka adalah Ririk Banowati Permanasari, Dhian Novitasari dan Marwoto Hadi. Kepastian tersebut menunggu keputusan partai.  Seperti diketahui, pada pemilihan umum 2019, PDI Perjuangan mendapatkan 13 kursi, PAN (6), Partai Gerindra (5), PKS (5), Partai Golkar (4), Partai NasDem (4), Partai Demokrat  (2) dan PPP hanya memperoleh satu kursi.