BAPPENAS Temui Sultan, Bahas Destinasi Wisata

WISATAWAN: Jadi daya tarik. (dok.berita649.com)

YOGYAKARTA –  Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif BAPPENAS Leonardo Teguh Sambodo menyebutkan pemerintah ingin mempercepat  tiga destinasi wisata prioritas di Indonesia. Yakni Borobudur, Yogyakarta dan Prambanan. Pengembangan destinasi wisata prioritas ini ditujukan bagi daerah yang memiliki potensi meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pemerintah juga menggagas integrated tourism masterplan yang disusun hingga 25 tahun mendatang. “Sehingga bisa menjadi rujukan kepentingan pengembangan destinasi wisata selanjutnya,” terang Teguh usai bertemu Gubernur Sultan HB X di Gedhong Wilis Kepatihan (7/2/2019).

Kedatangan BAPPENAS di kantor Gubernur untuk membahas  integrated tourism masterplan kawasan Borobudur, Yogyakarta, dan Prambanan. Dalam pertemuan ini, BAPPENAS  juga menyimak visi Sultan dalam pengembangan kawasan destinasi wisata di Yogyakarta. Teguh mengungkapkan, perumusan masterplan destinasi wisata prioritas Borobudur, Yogyakarta, dan Prambanan merupakan langkah awal pengembangan kawasan Yogyakarta, Solo dan Semarang (Joglo Semar).

Sultan mengatakan, DIY akan menyusun masterplan  yang mensinergiskan Borobudur dan kawasan sekitar di Jawa Tengah. Perencanaan pengembangan dan penyusunan masterplan tidak ada persoalan bagi  DIY dan Jawa Tengah. Karena substansi tidak lagi bicara geografis, melainikan objek.

“Sekarang ini, bagaimana tidak hanya Borobudur saja yang tumbuh dan berkembang, tapi  Jogja dan Jawa Tengah. Mulai  infrastruktur, kelembagaan, pemasaran, termasuk manajemen organisasi,” kata Sultan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.