Asyiknya Menikmati Kuliner di Pasar Ngasem

MEMANJAKAN LIDAH: Surga bagi penyuka kuliner. (istimewa)

YOGYAKARTA РPasar Ngasem tetap saja menjadi daya tarik tersendiri saat menyambut pagi. Tak hanya para pedagang di sisi barat pasar yang setia melayani pembeli. Di sisi timur terlihat  para pedagang kuliner melayani masyarakat yang berburu kuliner. Terdapat berbagai macam makanan tradisional, terutama lauk-pauk untuk santapan pagi.  Itulah sebabnya, tempat ini selalu ramai sejak pukul 06.00 pagi. Apalagi bila Minggu atau hari libur. Hampir semua los dijejali pembeli. Mereka tidak hanya dari Yogyakarta. Tempat ini telah menjadi idola bagi siapa saja yang sedang berada di Yogyakarta.

Pasangan Wahidi dan Nuning, misalnya. Suami-isteri yang tinggal di Lampung ini mengaku kurang lengkap bila tidak mampir ke Pasar Ngasem. “Tempatnya tradisional. Makanannya enak. Saya sangat menyukai,” kata Nuning, doktor di Fakultas Biologi Universitas Lampung yang asli Magetan, Jawa Timur. Sementara Wahidi, suaminya, asli Solo, Jawa Tengah. Saat ini bekerja di Dinas Sosial Pemprov Lampung.¬†Keduanya selalu menyempatkan mampir ke Pasar Ngasem saat bertugas atau ada acara di Yogyakarta.

KHAS NGASEM: Saat lapar dan haus.

Di Pasar Ngasem, menu makanan bermacam-macam. Ada sayur lodeh. Brongkos. Sayur terong. Masakan berbahan buah nangka (gori, red). Sayur asem. Bubur khas Yogyakarta, dan lain-lain. Banyak pelanggan yang membuktikan harganya murah, rasanya enak. Penasaran? Coba yuk…