Antusias, Warga Bumijo Ikuti Uji Rapid Test

Animo warga Kota Yogyakarta melakukan uji rapid test di pusksemas menggembirakan. Salah satunya pemandangan antrian warga yang periksa di Puskesmas Kecamatan Jetis, pagi tadi (12/5/2020).

__________

KEIKHLASAN warga Kecamatan Jetis mendatangi Puskesmas layak diacungi jempol. Mereka adalah warga yang mengaku telah belanja di swalayan yang berlokasi di Jalan Magelang antara tanggal 19 April hingga 4 Mei 2020. Warga yang tinggal sekitar dua kilometer dari lokasi swalayan ini juga tidak terlihat canggung. Setelah mengambil nomor antrian, mereka langsung duduk di ruang tunggu.

Mereka menunggu panggilan tim medis yang bertugas di teras puskesmas. Ada yang terlihat cemas, ada pula yang terihat tenang. Pada pemeriksaan uji rapid test bagi warga yang pernah belanja di swalayan ini, Puskemas Jetis menurunkan 15 petugas medis.

“Semua petugas all out melayani masyarakat yang uji rapid test,” kata Kepala Puskesmas Jetis, dr Anik Musfidasari kepada Berita649.Com.

ANIK MUSFIDASARI

Pada hari ini, tercatat sebanyak 21 warga Kelurahan Bumijo. Mereka menyatakan diri secara jujur pernah belaja di swalayan Jalan Magelang antara tanggal 19 April sampai 4 Mei lalu. Dokter Anik mengatakan, ada beberapa warga yang pernah belanja, tapi tidak dapat membawa bukti struk dan nota pembelian. Anik mengatakan tidak masalah. Warga yang bersangkutan diminta membuat pernyataan bermetarai.

Setelah dipanggil, warga terlebih dulu didata. Lalu, diverifikasi sebelum kemudian diuji rapid test. Warga yang dinyatakan tidak reaktif akan diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Sementara yang reaktif juga akan diisolasi mandiri secara ketat dengan pengawasan Dinas Kesehatan. Bila warga “reaktif” yang nantinya di-swab terkonfirmasi positif Covid-19, akan diisolasi di rumah sakit.

Namun, dr Anik meminta warga yang dinyatakan “reaktif” atau misalnya jadi “positif” tidak perlu panik.  Tindakan yang dilakukan adalah mengikuti arahan dokter. Kepastian warga yang “non reaktif” atau “reaktif” akan disampaikan secara tertutup melalui surat tertutup.

Pada uji rapid test yang berakhir pukul 12.00 siang tadi diakhiri pemberian masker kain dan vitamin kepada 21 warga Kelurahan Bumijo. Dokter Anik mengucapkan terimakasih kepada warga yang telah ikhlas dan kesadaran diri periksa. Ia berharap ke-21 warga Bumijo tetap sehat.

“Mari bersama berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” kata dr Anik.

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan