547 Atlit Tapak Suci Serbu Solo

SOLO – Sebanyak 547 atlit dari 14 negara akan mengikuti Tapak Suci World Championship (Kejuaraan Dunia Tapak Suci) di Solo, Jawa Tengah, 1-5 September 2019. Peserta berasal dari Palestina, Sudan, Maroko, Aljazair,  Libanon, Mesir, Pakistan, Uganda, Jerman, Singapura, Thailand, Taiwan, Timor Leste.

“Indonesia tuan rumah penyelenggaraan,” terang Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, M Afnan Hadikusumo kepada berita649.com (29/8/2019).

Dipilihnya Solo sebagai lokasi penyelenggaraan karena pada tahun 2020 menjadi penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah. Afnan mengatakan, kejuaraan dunia ini merupakan kali pertama yang diselenggarakan pimpinan pusat Tapak Suci.

Kejuaraan mempertandingkan kategori olahraga 11 putera dan 7 putri.   Lalu, 16 kategori seni. Terdiri 8 putra, 7 puteri, dan 1 beregu. Juga memperebutkan Piala Bergilir M Barrie Irsyad. Kejuaraan kali ini  diikuti Lebanon  yang baru berdiri dua bulan lalu.  Sedangkan wasit dan juri adalah orang-orang terpilih.

Afnan berharap, kejuaraan internasional di pengujung tahun 2019 menghasilkan atlit pencak silat Indonesia berkelas dunia.  Seperti diketahui, atlit Tapak Suci menyumbang emas dalam Asian Games 2018.

Pembukaan Tapak Suci World Champinsohip akan dilaksanakan di Stadion Sriwedari. Dihadiri Ketua Umum PP Tapak Suci M Afnan Hadikusumo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Muhajir Effendi, Anis Rasyid Baswedan dan sejumlah tokoh Tapak Suci.